Pelayanan Publik

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PermenPAN RB 35/2012 Serangkaian instruksi tertulis yang dibakukan mengenai berbagai proses penyelenggaraan administrasi pemerintahan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan.

STANDAR PELAYANAN (SP) PermenPAN RB 15/2014 Standar pelayanan adalah tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji Penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur.

Keterkaitan substantif dan muatan yang terkandung dalam ketiga definisi dimaksud adalah menunjukan bahwa SOP merupakan intisari dari standar pelayanan. Fungsi pembeda lainnya adalah dari sisi manfaat:

  • SOP bermanfaat untuk memberikan kepastian pelaksanaannya,
  • SP menjamin kepastian yang penerima layanan.

Download Standar Pelayanan dan SOP

Standar Pelayanan Download di sini
SOP Ijin Sewa Los Kios Download di sini
SOP Pelayanan Tera di Kantor Download di sini
SOP Pelayanan Tera di Luar Kantor Download di sini
SOP Pelayanan Tera di UTTP Perpasang Luar Kantor Download di sini
SOP Pelayanan Tera Ulang Di Kantor Download di sini
SOP Pelayanan Pembinaan Pengawasan Penilaian Kesehatan Koperasi Download di sini
SOP Rekom Ijin Kantor Cabang Koperasi Download di sini
SOP Rekomendasi BBM Download di sini
SOP Rekomendasi Distributor Pupuk Download di sini
SOP Rekomendasi Ijin Toko Modern Download di sini
SOP Rekomendasi Merek Download di sini
SOP Rekomendasi Tanda Daftar Gudang Download di sini
SOP Rekomendasi Tanda Daftar Usaha Reparasi Timbangan Download di sini
SOP Retribusi Pedagang Tetap Download di sini
SOP Retribusi Pedagang Tidak Tetap Download di sini
SOP TDU PKL Download di sini